Makalah penatalaksanaan diet pada defisiensi penyakit gizi

Ada beberapa penyakit anak yang sering menyerang sehingga perlu adanya pencegahan. Perawatan diabetes tipe 1 harus berlanjut terus.

Terapi Parenteral baru diperlukan apabila penderita tidak tahan akan zat besi per oral, dan adanya gangguan penyerapan, penyakit saluran pencernaan atau masa kehamilannya tua Wiknjosastro, Sebaliknya, Pola makan yang bergizi akan meningkatkan kinerja otak yang baik, sedangkan kesehatan itu membuat si anak dapat berkonsentrasi mengingat sesuatu dan bergerak aktif sehingga menghasilkan anak yang cerdas.

Pasien yang menjalani dialisis peritoneal dapat mengendalikan kadar serum elektrolit dengan diet yang tidak begitu membatasi, namun pembatasan natrium serta kalium mungkin perlu dilakukan secara intermiten. Terlalu banyak makanan yang berserat tinggi juga dapat menyebabkan diare dan mengganggu penyerapan beberapa macam mineral, seperti zat besi.

Hal ini disebabkan karena anak Balita dalam periode transisi dari makanan bayi beralih ke makanan orang dewasa, sering kali tidak lagi begitu diperhatikan dan pengurusannya sering diserahkan kepada orang lain, dan belum tentu yang mengurusnya itu mampu mengurus dirinya sendiri dengan baik terutama dalam hal makanan.

Selama kehamilan dengan perhitungan hari, ibu hamil akan menghasilkan zat besi sebanyak mg sehingga kebutuhan zat besi masih kekurangan untuk wanita hamil Manuaba, Zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut berbeda-beda antara makanan yang satu dengan yang lainnya.

Mengetahui sampai dimana pemahaman keluarga setelah diberi penyuluhan Anjurkan keluarga untuk membawa anak kontrol di poli gizi setelah pulang dari rumah sakit.

Lebih Pada umumnya penyakit ini terjadi pada anak balita, karena pada umur tersebut anak mengalami pertumbuhan yang pesat. Di amerika serikat, kurang lebih Selanjutnya, setelah usia 6 bulan dapat diberikan nasi tim.

Vitamin B12 3 X 1 tablet per hari c.

Penyakit Kurang Gizi

Perkembangan otak anak menunjukkan betapa pentingnya membentuk syaraf-syaraf anak usia dini. Gangguan produksi zat seperti eritropoitin dan kalsitriol diatasi dengan suplementasi zat-zat tersebut.

Obstruksi uretra pada klep uretra posterior, adanya divertikulum, striktur, uretrokel, hidrokolpos dan tumor. Fisik badan yaitu tubuh atau raga yang sehat dan bebas dari penyakit. Di Amerika Serikatorang Hispanik, Negro dan sebagian penduduk asli Amerika memiliki angka insidens diabetes yang lebih tinggi dariipada penduduk kullit putih.

Pengaturan makanan yang seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi untuk energi dan pertumbuhan si kecil. Namun pada beberapa jenis obat-obatan, hal ini tidak memberi hasil.

Disamping itu beberapa golongan karbohidrat mengandung serat dietary fiber yang berguna bagi pencernaan. Mereka boleh diajari makan sendiri, dengan cara mencicipi makanan yang lunak, tidak pedas dan tidak merangsang.

Jika seorang anak tidak mendapatkan asupan makanan yang bergizi, maka tidak hanya menghambat perkembangan otak dan fisik, akan tetapi bisa menyebabkan seorang anak terserang penyakit dan menghambat proses belajarnya.

Pengobatannya tergantung pada jenis anemia hemolitik serta penyebabnya. Serat diperlukan karena untuk mencegah sembelit. Pemberian suplemen vitamin- mineral pada gagal ginjal kronis harus mengacu kepada hasil-hasil pemeriksaan laboratorium seperti kadar hemoglobin, kadar kalium, natrium dan klorida.

DM jangka panjang menimbulkan rangkaian gangguan metabolic yang menyebabkan kelainan patologis makrovaskular dan mikrovaskular.

Di luar negeri, pasien gagal ginjal kronis dapat membeli roti yang yang terbuat dari gandum rendah protein. Apa saja preskripsi diet gagal ginjal kronis? Mental jiwa maksudnya adalah seseorang yang memiliki motivasi, perasaan, dan pemikiran yang kuat dalam menjalani kehidupannya alias dapat mengontrol dirinya agar tetap stabil.

Perkembangan psiko-sosial sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya. Susu rendah lemak ataupun susu krim sebaiknya tidak diberikan untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Penyakit KKP pada orang dewasa memberikan tanda-tanda klinis sebagai berikut: Selain itu DM juga memberi kontribusi terhadap kematian.

Apa saja preskripsi diet gagal ginjal akut?

Jantung berupaya mengonpensasi kondisi ini dengan meningkatkan curah jantung. Hindari makanan yang kaya natrium seperti garam, kue-kue yang asin, kecap asin, tauco atau tausi, asinan buah, sayur asin.Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit.

Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang.

Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit. Masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya menyadari pentingnya zat gizi, karena itu prevalensi anemia di Indonesia sekarang ini masih cukup tinggi, terutama anemia defisiensi nutrisi seperti besi, asam folat, atau vitamin B Setelah menentukan diagnosis terjadinya anemia, maka selanjutnya perlu disimpulkan tipe anemia itu sendiri.

Penatalaksanaan anemia yang tepat sesuai dengan etiologi Author: Ulfahuphe. Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena Hidayah-Nyalah tugas GIZI dan DIET tentang “Penyakit Gangguan Metabolic (Diabetes Millitus)” ini dapat terelesaikan.

Padamakalah ini penyusun memberikan batasan masalah yaitu hal-hal yang akan dibahas dalam makalah ini terkait dengan gangguan gizi pada anak (malnutrisi atau underweight).

Adapun malnutrisi yang akan dibahas disini adalah marasmus dan kwashiorkor beseta dampaknya. Pe nyusun mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah Gizi yang telah membimbing dan memberikan kesempatan kepada penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini.

· Penyakit kurang gizi kebanyakan ditemui pada masyarakat golongan rentan terutama pada anak-anak yaitu golongan yang mudah sekali mengalami penyakit akibat kekurangan gizi dan kekurangan zat makanan (deficiency) misalnya kwarsiorkor, busung lapar, marasmus, beri-beri, dll.

Makalah penatalaksanaan diet pada defisiensi penyakit gizi
Rated 4/5 based on 44 review