Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak

Sementara itu, hasil glikolisis menghasilkan 2 molekul piruvat untuk 1 molekul glukosa. Diatas telah kita ketahui apa itu fungsi lemak bagi tubuh manusia. Apakah banyak mengonsumsi makanan tersebut membuat Anda terbebas dari kegemukan dan lemak yang menumpuk?

Kolesterol juga dapat diproduksi oleh hati dengan bantuan enzim yang disebut HMG Koenzim-A Reduktase, kemudian dikirimkan ke dalam aliran darah. Selanjutnya, elektron dipindahkan berturut-turut melewati molekul protein besi-sulfur Fe-Subiquinon Q atau CoQdan sitokrom Cyst.

Kita mendapatkan lemak dari tumbuhan dan juga hewan. Tetapi bila pankreas mengalami gangguan fungsi, aktifitas lipase ludah dan lambung akan meningkat.

LEMAK SEBAGAI SUMBER ENERGI UNTUK PROSES HIDUP

Sel epitel usus halus juga menghasilkan lipase enterik dalam jumlah kecil. VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis penyumbatan oleh lemak.

Kalori digunakan sebagai bahan bakar untuk setiap fungsi tubuh. Untuk menunjang proses metabolisme, dibutuhkan protein yang bisa mengkatalis mempercepat atau memperlambat reaksi-reaksi, protein ini disebut enzim.

Saat lemak diabsorpsi, akan melewati small lymph vesselsyang disebut lacteal, untuk kemundian didisstribusikan ke dalam sistem limpa dan masuk ke dalam sistim sirkulasi Tika, Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah.

Keduanya diubah kembali menjadi lemak. Hasil energi yang diperoleh melalui perombakan lemak yaitu sebanyak ATP 1gram pemecahan lemak menghasilkan 9,2 kalori.

Lemak akan dihidrolisis dalam bentuk teremulsikan oleh senyawa empedu yang disekresikan hati ke dalam usus dua belas jari.

Lemak visceral terdapat di dekat organ tubuh bagian dalam. Fumarat terhidrolisis mengikat 1 molekul H2O sehingga membentuk malat 4 atom C.

Proses pembentukan ATP inilah yang disebut fosforilasi. Asam amino yang disintesis dalam sel maupun yang dihasilkan dari proses penguraian protein dalam hati dibawa oleh darah untuk digunakan di dalam jaringan. Ya, energi yang Anda dapatkan untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari didapatkan dari makanan yang Anda makan, entah itu sumber makanan karbohidrat, protein, dan lemak.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Bagian dalam usus kecil diselimuti dengan apa yang disebut villi yang berfungsi memperluas permukaan, guna mempercepat penyerapan hasil-hasil pencernaan. Dalam hal ini, hati berfungsi sebagai pengatur konsentrasi asam amino dalam darah.

Baca juga uraian sehat tentang fungsi vitamin yang penting untuk kesehatan. Molekul glikogen yang sudah ada sebelumnya harus ada untuk memulai reaksi ini.

Selanjutnya lemak akan memasuki hati, empedu, dan masuk ke dalam usus kecil.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Pada tahapan ini, asam piruvat 3 atom C hasil glikolisis dari sitosol diubah menjadi asetil koenzim A 2 atom C di dalam mitokondria. Proses Metabolisme Tubuh Proses Metabolisme Tubuh Pada tubuh manusia terjadi metabolisme yang mengkoordinasi kerja tubuh.

Metabolisme Lemak dalam Tubuh

Hati mengubah karbohidrat menjadi asam lemak, kemudian membentuk trigliserida, trigliserida ini dibawa melalui aliran darah dalam bentuk Very Low Density Lipoprotein VLDL. Makanan yang berasal dari daging hewan biasanya banyak mengandung kolesterol, tetapi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tidak mengandung kolesterol.

Fungsi utamanya sebagai sumber enersi 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori bagi kebutuhan sel-sel jaringan tubuh. Berikut ini reaksi glikolisis secara lengkap: Lipase ludah berfungsi untuk hidrolisa asam lemak, proses emulsifikasi dan membantu kerja lipase pankreas dan lipase lambung.

Lemak dapat digunakan sebagai sumber energi yang akan menggantikan glukosa dari karbohidrat.Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (Hutahalung, ).

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi. Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, pembentukan sel, sumber asam lemak esensial, alat angkut vitamin larut lemak, menghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai 5/5.

· Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak.

Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (Hutahalung, ). Lemak sebagai sumber utama dalam proses pembentukan energi sehingga protein dalam tubuh bisa lebih hemat.

Dapat berfungsi dalam proses penyusunan membrane sel dalam tubuh. Bermanfaat sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon. Jika sel-sel tubuh sudah mendapatkan gula dari aliran darah untuk membuatnya menjadi energi, maka hormon insulin akan mengubah sisa gula yang ada di dalam darah tersebut menjadi glikogen atau gula dalam otot dan asam lemak.

Asam lemak ini akan berkumpul dengan asam lemak yang dihasilkan dari metabolisme lemak sebelumnya. Oleh karena itu, makan makanan karbohidrat yang berlebihan juga. Pembentukan glukosa dari senyawa lemak ini dirangsang oleh hormon glukagon dan glukokortikoid yang disekresikan pada kondisi dimana tubuh membutuhkan energi namun asupan glukosa menipis.

Hasil energi yang diperoleh melalui perombakan lemak yaitu sebanyak ATP (1gram pemecahan lemak menghasilkan 9,2 kalori).

Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh
Proses pembentukan energi dalam tubuh dari lemak
Rated 5/5 based on 58 review